Data Nida' Salma
Nama: Nida' Salma Mumtazah
Kelas: 9J
No. Absen: 27
TTL: Kediri, 26 Maret 2010
Alamat: Dsn. Boro, RT. 01 RW. 02, Ds. Banjaranyar, Kec. Kras, Kab. Kediri, Prov. Jawa Timur
E-Mail: nidasalma2603@gmail.com
Situs: blogspot.com
IG: nidasalmamumtazah
TT: 263nsm
Hoby: nonton film atau drama, menyanyi, makan
Makanan v: nasi goreng, bakso, sate
Minuman v: matcha, taro, susu, air putih
Buku v: Al-Qur'an
Warna v: biru, hitam
Artis v: Mahalini
Lagu: please please please - Sabrina Carpenter
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.
Fondasi setiap program komputer adalah data dan algoritma. Dengan algoritma, program komputer dapat menggunakan data secara efektif. Sementara struktur data ibarat kontainer yang menyimpan banyak data dengan layout tertentu. Tiap jenis struktur data memiliki layout masing-masing.
Karena memori komputer terbatas, tata letak (tata letak) data harus diatur dengan baik. Oleh karena itu, penyimpanan data memerlukan “formasi” khusus agar data lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak memori.
Berikut analogi yang lebih sederhana untuk struktur data.
Swalayan memiliki rak dan tata letak tertentu untuk menempatkan barang-barang. Mereka meletakkan minuman, makanan ringan, roti, sabun, dan keperluan rumah tangga lainnya sesuai jenis dan kategori barangnya. Ketika pelanggan mencari minuman, ia bisa langsung pergi ke rak khusus minuman dan tidak perlu berkeliling ke seluruh swalayan.
Struktur Data Pohon
Pohon adalah tipe data abstrak non-linier dengan struktur berbasis hierarki. Ini terdiri dari node (tempat data disimpan) yang terhubung melalui tautan. Struktur data pohon berasal dari satu simpul yang disebut simpul akar dan memiliki subpohon yang terhubung ke akar.
Berikut ini adalah istilah-istilah penting yang berkaitan dengan pohon.
Path - Path mengacu pada urutan node di sepanjang tepi pohon.
Akar - Simpul di bagian atas pohon disebut akar. Hanya ada satu akar per pohon dan satu jalur dari simpul akar ke simpul mana pun.
Parent - Setiap node kecuali node root memiliki satu sisi ke atas ke node yang disebut parent.
Child - Node di bawah node tertentu yang dihubungkan dengan tepi ke bawah disebut node anak.
Daun - Simpul yang tidak memiliki simpul anak disebut simpul daun.
Subtree - Subtree mewakili keturunan dari sebuah node.
Visiting - Mengunjungi mengacu pada pemeriksaan nilai sebuah node ketika kontrol ada pada node tersebut.
Traversing- Traversing berarti melewati node dalam urutan tertentu.
Levels - Level sebuah node mewakili generasi sebuah node. Jika node akar berada pada level 0, maka node anak berikutnya berada pada level 1, cucunya berada pada level 2, dan seterusnya.
Keys - Kunci mewakili nilai sebuah node berdasarkan operasi pencarian yang akan dilakukan untuk sebuah node.
Ada tiga jenis pohon -
Pohon Umum
Pohon Biner
Pohon Pencarian
Grafik
Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan kumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau kumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut panah atau busur . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi bilangan bulat.
Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi suatu nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dan lain-lain).
Algoritma
Definisi Algoritma Menurut Para Ahli
- Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al- KHAWARIZMI, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan
Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada.
- Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms“
Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi
Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
- Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson, keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer
Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
- Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.
- Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia
Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
- Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia
Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
- Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com
Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan
Komentar
Posting Komentar